Berbicara soal garam, tentu terdapat beberapa macam jenisnya. Paling terkenal tentu adalah garam dapur dan laut. Kedua varian tersebut merupakan yang paling mudah ditemui di pasaran. Meskipun sama-sama asin, namun kedua jenis itu punya beberapa perbedaan. Nah, apakah perbedaan garam laut dan garam dapur itu? Untuk menjawabnya, Anda bisa melihat ulasannya di bawah ini.

Inilah Perbedaan Garam Laut dan Garam Dapur

Cara Pembuatannya

Dilihat berdasarkan cara pembuatannya, tentu kedua macam produk tersebut punya perbedaan. Untuk bahan air laut, sesuai namanya tentu pembuatannya menggunakan bahan dasar air dari lautan atau pantai. Perlu diketahui, laut sendiri dikenal sebagai sumber natrium alami yang sangat besar.

Sementara untuk produk dapur, barangnya dibuat dari endapan pertambangan. Hasil endapan tersebut nantinya akan melewati proses pengolahan untuk menjadi bentuk kristal harus. Hal itulah yang membuat jenis tersebut sangat mudah dicampurkan ke dalam berbagai macam olahan masakan.

Kandungan Yodium

Untuk olahan yang berasal dari air laut, pastinya tidak mempunyai kandungan Yodium sebesar jenis dari endapan tambang. Namun, untuk urusan kandungan natrium, kedua jenis tersebut kurang lebih punya kandungan yang sama, yakni kurang lebih sekitar 2300 mg natrium dalam satu sendok teh.

Berdasarkan fakta tersebut, tentunya Anda sudah dapat menentukan saat jenis mana yang punya kandungan Yodium atau tidak. Meskipun serupa tampak sama, namun hanya jenis dari endapan tambang saja yang kaya akan Yodium.

Kandungan Mineral

Dilihat dari sumber bahan bakunya, tentu bisa dilihat jika produk dari bahan dasar air laut mengandung lebih banyak mineral. Hal itu karena memang laut dikenal sebagai tempat alami berbagai mineral berada. Oleh karena itu, kandungan mineral di dalam kedua produk tersebut tidaklah sama.

Beberapa jenis mineral pada air laut tersebut antara lain adalah kalsium, kalium, dan juga magnesium. Berdasarkan hal ini, Anda tentu sudah bisa menentukan jenis mana yang punya sumber mineral lebih kaya.

Kedua Jenis Sama-Sama Punya Kandungan Baik

Meskipun terdapat beberapa perbedaan kandungan di dalamnya, tetapi kedua jenis tersebut sama-sama mempunyai manfaat bagi tubuh kita. Jadi, tinggal pilih saja mana yang sedang dibutuhkan. Jadi, dari kedua macam bahan tersebut, semuanya memiliki peran penting masing-masing. Untuk itu, jangan terjebak dalam pemikiran mana yang lebih baik, namun pastikan Anda mengetahui manfaat dari keduanya.

Baca Juga : Inilah 4 Manfaat Garam Beryodium Tinggi

Begitulah tadi perbedaan garam laut dan garam dapur. Secara keseluruhan, kedua macam benda tersebut punya kandungan natrium yang sama. Namun, dalam beberapa hal seperti kandungan Yodium ataupun mineral, keduanya punya perbedaan. Terlepas dari itu, memilih garam berkualitas sangat penting. Untuk itu, Anda bisa pilih produk dari Soebi Grup untuk mendapatkan produk dengan kualitas terbaik.

Open chat