Salah satu bahan penyedap makanan yang menjadi andalan banyak orang adalah micin. Micin atau yang sering disebut sebagai MSG (monosodium glutamate) sudah terkenal dapat membuat makanan menjadi gurih dan nikmat. Micin sering sekali digunakan pada beberapa seperti bakso, keripik kentang, makanan ringan dan masih banyak lagi.

6 Fakta Tentang Micin

msg m5000

Saat ini di masyarakat muncul istilah bahwa micin dapat membuat bodoh atau mengurangi daya kerja otak, apakah hal ini benar? Untuk mengetahui jawaban tersebut, kamu perlu mengetahui beberapa fakta tentang micin berikut ini

1. Micin Ditemukan di Jepang

Micin pertama kali ditemukan di Jepang sekitar 100 tahun yang lalu oleh Kikunae Ikeda, seorang ahli kimia dari negeri sakura tersebut. Micin pertama kali ditemukan dengan menggunakan bahan dasar berupa rumput laut, dan sekarang micin merupakan hasil dari fermentasi pati gula, tebu atau tetes tebu.

2. Kandungan Dalam Micin

Micin merupakan bahan makanan yang mengandung monosodium glutamat yang terdiri dari air, natrium dan glutamat. Glutamat sendiri adalah zat penting yang bisa merubah makanan menjadi lebih nikmat. 

Glutamat sendiri merupakan asam amino yang membantu sel-sel pencernaan untuk melakukan metabolisme tubuh dalam membentuk protein. Micin juga membantu tubuh untuk menyerap nutrisi secara optimal, meningkatkan fungsi otot dan membantu mengirim sinyal-sinyall kedalam otak untuk meningkatkan konsentrasi.

3. Bermanfaat Bagi Kesehatan

Fakta tentang micin selanjutnya adalah bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Tahukah kamu bahwa ternyata rumah sakit lebih sering menggunakan micin dibandingkan dengan garam.

Baca Juga : Takaran Micin untuk Tanaman yang Aman dan Pasti Bikin Subur

Hal ini dikarenakan micin mempunyai lebih sedikit kandungan natrium jika dibandingkan dengan garam. Garam mempunyai kadar natrium sebesar 36% dan dapat menyebabkan hipertensi, sementara micin hanya mempunyai kadar natrium sebesar 12%..

4. Apakah Aman Mengkonsumsi Micin?

Badan kesehatan Amerika Serikat yaitu FDA atau Food and Drug Administration telah menyatakan bahwa micin aman untuk kamu konsumsi sebagai bahan penyedap makanan. Hal ini sudah dibuktikan dengan berbagai studi medis dan juga berbagai evaluasi ilmiah.

5. Batasan Mengkonsumsi Micin

Setelah mengetahui beberapa fakta tentang micin, micin juga memiliki batasan yang boleh dikonsumsi oleh tubuh. Dalam sehari micin tidak boleh kamu konsumsi lebih dari 5 sampai 6 gram. Rata-rata orang Indonesia mengkonsumsi micin adalah kurang dari 1 gram perhari, yang artinya masih dalam batas aman.

6. Jangan Dikonsumsi Secara Berlebihan

Jika kamu mengkonsumsi micin dalam batasan aman dan tidak berlebihan maka tidak akan menimbulkan efek samping. Namun lain hal bila kamu mengkonsumsi micin secara berlebihan, maka akan ada beberapa efek samping yang bisa timbul.

Beberapa efek samping yang bisa timbul jika mengkonsumsi micin secara berlebihan adalah sebagai berikut 

  • Kerusakan sel saraf otak
  • Asma
  • Obesitas
  • Sakit kepala atau hipertensi
  • Kerusakan ginjal
  • Depresi

Itulah beberapa fakta tentang micin yang perlu kamu ketahui. Mengkonsumsi micin tentu sangatlah diperbolehkan dan juga aman bagi kesehatan, namun jangan sampai berlebihan karena dapat menimbul efek buruk bagi kesehatan. Di Indonesia sendiri umumnya masyarakat masih mengkonsumsi micin dalam batas aman. 

Untuk kamu yang tertarik membuka bisnis di bidang kuliner terutama makanan dan memerlukan produsen bahan makanan terpercaya, kamu dapat bergabung menjadi mitra soebigroup.com yang merupakan perusahaan produsen bahan makanan MSG dan vetsin terpercaya di Indonesia.

Open chat