Pada umumnya, garam dikenal sebagai penambah rasa pada masakan. Namun, ternyata fungsi garam lebih dari itu. Terdapat berbagai macam manfaat lain yang bisa didapatkan dari mineral tersebut. Nah, apa sajakah fungsi lainnya tersebut? Untuk mendapatkan jawabannya, langsung saja Anda ikuti penjelasannya dalam ulasan berikut ini.

Berbagai Macam Fungsi Garam

Pengawet Makanan

Sudah sejak dahulu kala, garam dimanfaatkan sebagai bahan pengawet daging ataupun jenis makanan lainnya. Hal itu menjadi salah satu metode alami yang digunakan untuk pengawetan jauh sebelum ditemukannya lemari es. Hal yang membuat makanan jadi awet adalah karena bahan ini dapat menyerap kelembapan.

Kondisi tersebut nantinya akan membuat makanan jadi kering sehingga mikro bakteri tidak bisa merusak. Seperti diketahui, mikro bakteri sangat suka tepat lembap. Oleh karena itu, saat kondisi makanannya tetap terjaga dari kelembapan, mereka akan sulit untuk berkembang. Dengan begitu, bahan makanan bisa menjadi lebih awet.

Baca Juga : Inilah 4 Manfaat Garam Beryodium Tinggi

Metode semacam ini juga biasa dikenal dengan nama proses brining. Brining merupakan sebuah kegiatan merendam bahan makanan ke air sangat asin. Hal ini dapat memberikan rasa pada makanan sekaligus mengawetkannya.

Pencipta Tekstur Makanan

Fungsi berikutnya adalah dapat memberikan tekstur pada makanan. Contoh paling nyata adalah dalam pembuatan roti ragi. Jumlah garam yang digunakan sangat memengaruhi fermentasi ragi serta pembentukan protein gluten. Kedua unsur tersebut sangat berpengaruh terhadap tekstur roti yang dihasilkan.

Sumber Nutrisi

Kandungan nutrisi di dalam mineral ini juga sangat bermanfaat bagi tubuh. Pada garam murni, mengandung 60 persen klorin dan juga 40 persen natrium. Kedua mineral tersebut sangat diperlukan oleh tubuh manusia. Sementara itu, kandungan sodium dapat membantu dalam pengencangan serta pengenduran otot, menjaga keseimbangan mineral, sampai dengan membantu impuls pada saraf.

Sementara untuk jenis produk dengan kandungan Yodium tinggi, bisa membantu memenuhi kebutuhan tubuh akan Yodium. Manfaatnya tentu dapat mencegah terjadinya pembengkakan kelenjar tiroid atau biasa dikenal masyarakat dengan nama penyakit gondok.

Pengikat Makanan

Fungsi terakhir adalah bahan ini dapat berfungsi sebagai bahan pengikat saat dalam pembentukan gel protein. Contohnya seperti pada pembuatan sosis ataupun berbagai macam olahan daging lainnya. Pemberian garam dilakukan untuk menciptakan gelatinasi protein yang dapat membuat produk menyatu.

Biasanya, proses tersebut terjadi pada jenis produksi olahan jenis daging ataupun keju. Pada jenis daging olahan, bahan ini dapat memberikan ketahanan terhadap kelembapan. Hal itu tentu sangat dibutuhkan agar kebutuhan lemak jenuh menjadi sedikit.

Berdasarkan ulasan di atas, ternyata banyak sekali ya fungsi garam yang perlu diketahui. Hanya dengan berbekal satu bahan saja, Anda dapat merasakan berbagai manfaat menarik. Oleh karena itu, saat memilih olahan garam, Anda harus menggunakan produk yang sudah jelas kualitasnya. Soebi Grup menjadi salah satu pilihan tepat karena selalu menghasilkan produk garam berkualitas untuk kebutuhan masyarakat.

Open chat