Ketika kita sedang memasak, tak jarang hasil masakan kita kurang lezat. Bahkan bisa jadi kurang sedap. Sedangkan masakan yang sempurna adalah masakan yang bahannya lengkap, rasanya sedap dan juga lezat. Namun membuat masakan menjadi lezat secara alami bukanlah hal yang mudah.

Kadang kala kamu sudah berusaha memasak sebaik mungkin, bahkan mengikuti resep yang sedang ngetren. Namun ternyata masakanmu masih begitu saja. Setelah kamu mulai lelah, kamu akan menggunakan cara mudah. Yaitu dengan menggunakan penyedap rasa.

Baca Juga : Kenali Gejala Alergi MSG dan Cara Ampuh Mengatasinya

Salah satu bahan kimia yang digunakan untuk penyedap rasa adalah MSG. Penyedap rasa satu ini terkenal sebab mudah didapatkan dan dapat membuat masakan menjadi sedap dengan sekali taburan sejumput jari tangan. Apa sih MSG itu? Apakah MSG aman dikonsumsi? Simak penjelasannya di bawah ini.  

Definisi MSG dan Bentuknya

Monosodium glutamat atau MSG adalah garam natrium yang berasal dari asam glutamat. MSG sebagai bahan kimia yang digunakan untuk penyedap rasa adalah salah satu asam amino non-esensial yang berlimpah dan terbentuk secara alami. MSG adalah zat aditif makanan kimiawi.

MSG juga disebut sebagai micin atau mecin. Penyedap rasa kimiawi ini dapat ditemukan di berbagai macam sajian khas Asia, makanan cepat saji atau junk food, bahkan makanan kemasan khas komersial 

Apabila kamu sering membantu ibumu memasak di dapur, kamu pasti mengenali bentuk MSG. Ia berbentuk seperti garam kristal yang lembut. Ketika kamu memakan sajian yang telah diberikan MSG, kamu tidak akan merasakannya sebab ketika dirasakan ia hanya akan seperti garam biasa. 

Manfaat MSG 

Walaupun MSG hanya berupa garam kristal, namun jangan meremehkan efeknya dalam sebuah sajian. Manfaat utama dari MSG adalah untuk memberikan rasa umami pada sebuah makanan. Umami adalah rasa kelima yang dapat dirasakan oleh indra perasa manusia.

Umami berbeda dengan rasa utama, ia terasa gurih. Umami hanya bisa didapatkan dari kandungan yang bernama asam glutamat. Asam glutamat yang berada dalam MSG digunakan untuk memaksimalkan rasa makanan dan membuat makanan semakin gurih. 

Bahan kimia satu ini gemar digunakan oleh masyarakat luas sebab kandungannya dapat menguatkan cita rasa sebuah makanan. Selain meningkatkan rasa gurih dalam makanan, MSG juga memberikan sedikit rasa asam. Menambahkan sejumput MSG dalam makananmu akan membuat bahan makanan yang dimasak menjadi lebih kompleks dan intens. 

Menggunakan MSG untuk Memperkaya Kelezatan

Setelah mendalami definisi dan manfaat penggunaan MSG, kamu pasti ingin memberikan masakanmu MSG untuk menambah kelezatan. Namun jangan lupa untuk membeli jenis MSG yang kamu butuhkan. 

Kami juga ingin merekomendasikan untuk membeli MSG yang berkualitas. Apabila kamu ingin membeli MSG yang berkualitas, yuk bergabung bersama soebigroup.com. Sebuah perusahaan produsen bahan MSG dan vetsin terbaik. Kunjungi website untuk informasi lebih lanjut. 

 

Open chat