Garam selama ini dikenal sebagai penambah citarasa nikmat pada masakan. Namun selain digunakan pada makanan, tahukah Anda jika senyawa ini juga bermanfaat bagi kesehatan dan juga kecantikan? Berbicara tentang kecantikan pasti tak jauh dari permasalahan kulit, mulai dari wajah berminyak hingga berjerawat. Lalu bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan garam dapur?

Seorang ahli bedah plastik holistik, dr. Anthony Yuon mengatakan jika air garam laut dapat membantu mempercepat pengeringan jerawat. Karena memiliki sifat antimikroba, sehingga dapat menjadi obat ampuh untuk bakteri penyebab jerawat di kulit wajah. Penasaran bagaimana caranya? Cari tahu dalam ulasan berikut ini!

5 Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Garam Dapur

Siapkan Bahan

Langkah pertama adalah menyiapkan garam sebanyak 1/2 sendok makan ke dalam baskom atau wadah berisi air hangat.

Bersihkan Wajah

Setelah larutan telah siap, selanjutnya bersihkan muka menggunakan sabun khusus muka yang biasa Anda gunakan setiap hari.

Bilas dan Basuh Wajah

Setelah itu bilas muka hingga bersih sempurna menggunakan air. Jika dirasa telah bersih sempurna dari sabun wajah, langkah selanjutnya adalah membasuh muka dengan larutan air garam yang telah disiapkan sebelumnya. Diamkan selama 5 hingga 10 menit.

Basahi Kembali

Jangan langsung dibilas menggunakan air bersih, karena Anda perlu membasahi muka kembali dengan larutan tersebut. Diamkan selama kurang lebih satu menit.

Bilas Dengan Air Bersih

Setelah mendiamkan selama satu menit, barulah Anda dapat membasuh muka menggunakan air bersih. Tak lupa keringkan wajah dengan handuk.

Cara Membuat Masker Wajah

Selain cara menghilangkan jerawat dengan garam dapur, Anda juga bisa membuat masker sendiri sebagai masker muka alami. Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa menambahkan elemen lain seperti madu karena bersifat antiradang.

Baca Juga : 5 Manfaat Garam Kasar untuk Manusia

Dengan masker ini produksi minyak pada kulit muka menjadi lebih seimbang, area kulit pun terasa lebih lembap. Berikut langkah pembuatannya!

  • Siapkan 2 sendok teh garam dapur yang sebelumnya telah ditumbuk halus menggunakan 4 sendok teh madu asli
  • Aduk hingga mendapatkan tekstur layaknya pasta
  • Oleskan racikan masker tersebut ke muka secara merata
  • Diamkan selama 10 hingga 15 menit
  • Rendam handuk kecil ke dalam air hangat lalu peras. Lakukan proses ini sebelum Anda membilas muka dengan air bersih
  • Letakkan handuk basah tersebut ke wajah selama 30 detik
  • Kelupas masker dengan jari secara perlahan sembari membilas wajah menggunakan air bersih hangat
  • Anda dapat melakukan perawatan kulit wajah lainnya

Lakukan Tes ini untuk Mengetahui Kondisi Kulit Wajah

  • Oleskan larutan air garam hangat ke area kulit lengan bawah
  • Tunggu selama 24 jam guna melihat apakah ada reaksi pada kulit
  • Jika kulit tidak mengalami alergi seperti kemerahan, bengkak, ataupun iritasi, maka Anda dapat melanjutkan penggunaan larutan atau masker garam untuk wajah
  • Namun jika muncul reaksi alergi, ada baiknya untuk tidak melanjutkannya

Itulah cara menghilangkan jerawat dengan garam dapur. Mencari garam dapur berkualitas tinggi? Sarina & Pingguin merupakan merek yang tepat dan wajib ada di rumah Anda.

Open chat