Micin, siapa yang tidak tahu dengannya? Penyedap buatan ini berguna untuk penyedap seluruh masakan yang kamu buat. Namun ternyata micin berbahaya atau tidak masih menjadi pembahasan yang pro dan kontra di Indonesia.

Bagi kamu pecinta kuliner pasti kerap menemui argumen-argumen tersebut. Sayangnya, masih ada saja yang berlebihan menanggapi soal micin berbahaya atau tidak.

Maka dari itu, artikel ini akan menjawab pertanyaan tersebut. Simak artikel ini untuk menemukan jawaban pastinya!

Awal Keraguan Terkait Micin Berbahaya Atau Tidak

Monosodium Glutamat atau MSG sudah ada sejak lama. Bahkan awal kemunculannya, penyedap rasa ini ditentang oleh seorang ahli bernama Dr. Ho Man Kwok.

Ahli tersebut menyatakan bahwa micin tidak baik untuk manusia. Hal itu karena beliau merasakan gejala datangnya sebuah penyakit setelah menyantap makanan China. Kesaksian terkait micin berbahaya atau tidak dari ahli tersebut kemudian terbantahkan oleh ahli lainnya.

Prof. Hardiansyah mengatakan itu adalah bentuk dari alergi. Gejala yang akan kamu rasakan jika memiliki alergi ini adalah rasa kesemutan hingga nyeri pada dada. Dengan demikian gejala tersebut mendapatkan julukan sebagai “Sindrom Restoran China”

Micin Tidak Sepenuhnya Membahayakan?

Micin tidak sepenuhnya terbuat dari bahan kimia. MSG terbentuk dari tiga zat utama yang meliputi: Glutamat, Natrium, hingga air.

Kandungan Glutamat pada micin ternyata dapat berbahaya jika penggunaannya tidak berimbang. Maka dari itu, natrium yang terkandung harus mencapai 20-40%. Jumlah itu cukup berimbang dan membuat kandungan Glutamat pada micin tidak terlalu berbahaya dan tetap dapat berguna untuk penyedap rasa.

Tahukah kamu, ternyata kandungan Glutamat tidak hanya dapat kamu temukan pada micin. Hal itu ditemukan pada air susu ibu atau ASI.

Bahkan menurut penelitian, kandungan Glutamat dalam ASI mencapai 10 kali lipat dibandingkan dengan kandungan micin. Padahal ASI adalah nutrisi yang sangat dianjurkan untuk bayi. Hal itu karena bayi dapat melakukan metabolisme yang baik dalam tubuh.

Nah, kesimpulan dari fakta-fakta di atas cukup jelas. Micin atau Monosodium Glutamat ternyata aman untuk manusia.

Namun kamu harus berhati-hati dalam mengkonsumsinya. Hal itu karena sesuatu yang berlebihan akan menimbulkan efek samping bagi tubuh sehingga kamu harus membatasinya.

Maka dari itu kamu wajib mengatur pola makan dengan memperbanyak mengkonsumsi makanan yang sehat. Agar terhindari dari efek samping micin yang berbahaya, kamu harus mengurangi membeli fast food atau makanan siap saji lainnya.

Jadi, Micin Tidak Berbahaya untuk Manusia, ya!

Selain tidak berbahaya untuk kesehatan manusia, micin juga dapat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Hal itu sesuai dengan fakta bahwa micin adalah penyedap buatan yang memiliki banyak peminat khususnya masyarakat Indonesia.

Segera bergabung menjadi mitra kami perusahaan produsen bahan makanan MSG dan vetsin terpercaya, Soebigroup.com. Kunjungi laman kami, dan dapatkan penawaran menarik saat menjadi mitra kami. Selamat mencoba!

 

Open chat