Monosodium Glutamat atau Micin adalah salah satu penyedap buatan . Namun ternyata produk ini kerap digunakan untuk tanaman. Lalu apakah penggunaan micin bisa menyuburkan tanaman?

Itu sangat wajar menjadi sebuah pertanyaan. Hal itu karena penggunaan micin masih jarang untuk tanaman. Meskipun demikian, ada yang perlu kamu ketahui batasan-batasan dalam penggunaan micin yang bisa untuk menyuburkan tanaman.

Nah berikut ini penjelasan lengkapnya agar kamu menjadi lebih tahu!

Kandungan Dalam Micin Bisa Menyuburkan Tanaman

Pernahkah kamu membaca komposisi yang terdapat pada kemasan micin? Pada bagian tersebut dijelaskan bahan-bahan pembuatan micin.

Terdapat tiga bahan utama dalam pembuatan micin: Air, Natrium, dan asam glutamat. Bahan-bahan dari micin tersebut ternyata dapat menyuburkan tanaman.

Natrium adalah unsur terpenting dari kesuburan tanaman. Akan tetapi unsur hara tersebut tidak bersifat esensial. Hal itu berarti penggunaan kandungan micin untuk menyuburkan tanaman tersebut harus bersamaan dengan keseimbangan pemberian unsur-unsur hara lainnya.

Begitu pula dengan kandungan Asam Glutamat. Kandungan micin yang menyuburkan tanaman satu ini mengandung unsur nitrogen. Zat tersebut berfungsi untuk menyeimbangkan pertumbuhan tanaman baik batang hingga organ-organ yang lainnya.

Selain itu kandungan Nitrogen dalam Asam Glutamat membantu tanaman agar berfotosintesis lebih baik. Dengan demikian aktivitas tanaman tersebut dapat menghasilkan zat klorofil yang baik.

Setelah penjelasan ini adalah penegasan bahwa micin aman untuk tanaman. Namun ada yang perlu kamu ketahui terkait pemberian micin pada tanaman. Berikut ini larangan-larangan dalam pemberian micin pada tanaman.

Kesalahan Pemberian Micin yang Wajib Kamu Tahu

Micin memang terbukti menyuburkan beragam jenis tanaman. Namun tidak boleh asal dalam memberikannya pada tumbuhan. Berikut ini jenis-jenis kesalahan yang harus kamu hindari agar tanaman menjadi subur

1. Jangan Ditabur!

Pemberian micin pada tanaman, tidak sama saat kamu menaburkannya pada makanan. Cara tersebut justru membuat daun tanaman menjadi rontok dan mati.

Hal itu karena Natrium pada micin akan teroksidasi dengan oksigen sekitar tanaman. Reaksi tersebut menciptakan senyawa Natrium Oksida yang bersifat panas sehingga membuat tanaman tidak berkembang dengan baik.

2. Takaran yang Berlebihan

Saat membuat larutan micin untuk penyuburan tanaman, pastikan takaran yang kamu gunakan adalah sendok teh.

Selain itu cukup berikan micin sebanyak setengah sendok teh dalam satu liter air dan tuangkan sebanyak 100 ml.

Lalu yang kamu tidak boleh lakukan lainnya adalah memberikannya terlalu sering. Micin bukan sebagai pengganti pupuk. Maka dari itu cukup berikan larutan micin ke tanaman selama sebulan 2 (dua) kali.

3. Jangan Terkena Tubuh Tanaman

Pemberian larutan tersebut harus mengenai media tanam saja. Jika larutan tersebut mengenai badan tanaman maka akan berakibat mati. Kematian tersebut akibat Natrium Oksida yang menghasilkan panas pada tanaman.

Itulah 3 kesalahan fatal dalam pemberian micin pada tanaman. Hindari melakukan ketiganya untuk hasil tanaman yang sempurna.

Ternyata, Micin Terbukti Menyuburkan Tanaman!

Fakta-fakta di atas telah menjawab bahwa micin sangat aman untuk tanaman. Namun kamu harus menghindari 3 (tiga) kesalahan penggunaan micin di atas.

Setelah mengetahui itu semua, tidak ada salahnya untuk menjadi mitra penjualan micin. Soebigroup.com adalah perusahaan produsen bahan makanan MSG dan vetsin yang aman di Indonesia. Yuk, Raih peluang bisnis yang menjanjikan bersama Soebigroup.com!

 

Open chat