MSG merupakan singkatan dari monosodium glutamat. MSG adalah micin yang biasa digunakan sebagai penyedap rasa. Biasanya, ibu rumah tangga dan koki handal kerap menggunakan MSG supaya masakan yang mereka buat menjadi lebih gurih dan nikmat.

Meskipun memiliki fungsi yang berguna untuk makanan, ternyata MSG juga memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan dan juga otak kita. Karenanya, banyak kelompok-kelompok yang enggan menggunakan MSG pada masakan mereka dan menggantinya dengan kaldu jamur yang lebih sehat.

Tapi, apakah benar MSG dapat membuat otak kita menjadi lebih lemot? Berikut penjelasannya:

Apa Itu MSG?

Dilansir dari laman Healthline. MSG merupakan aditif makanan yang digunakan untuk meningkatkan rasa. 

Asam amino atau asam glutamat merupakan kandungan utama untuk membuat MSG. Secara kimiawi, MSG adalah bumbu masak yang memiliki tekstur bubuk seperti kristal putih seperti garam masak.

Kenapa MSG Berbahaya?

Sebenarnya, ketakutan ini sudah ada sejak tahun 1969 saat sebuah penelitian menemukan saat menyuntikkan MSG dalam dosis besar ke tikus yang baru lahir. Efek yang terjadi menyebabkan neurologis tikus menjadi lebih berbahaya.

Baca Juga : Apakah Micin Berbahaya ? Yuk Simak Penjelasannya

Hal tersebut bisa terjadi karena MSG memiliki kandungan asam glutamat yang berfungsi sebagai neurotransmitter pada otak. Neurotransmitter ini bekerja sebagai perangsang sel-sel saraf untuk menyampaikan sinyal.

Nah, karena penelitian tersebut memberikan dosis yang banyak pada tikus, akhirnya tikus tersebut memiliki asam glutamat yang berlebih di otak sehingga stimulasi sel sarafnya menjadi berlebihan.

Hingga saat ini, masih belum ada penelitian dan bukti yang kuat jika mengonsumsi MSG dalam jumlah normal bisa menjadi oksitosin.

Jadi, Apakah Mengkonsumsi MSG Aman?

Melihat dari penjelasan sebelumnya, mengkonsumsi MSG dalam jumlah yang normal terbilang aman. Tapi, jika kamu mengkonsumsi MSG dalam jumlah yang tidak wajar, kamu bisa mendapatkan beberapa efek negatif dari MSG seperti:

1. Pusing dan Mual

Menurut penelitian uji coba MSG pada manusia yang diambil dari PubMed, mengkonsumsi MSG dalam dosis yang tinggi dapat meningkatkan tekanan darah, dan meningkatkan rasa sakit kepala dan mual.

2. Obesitas

Dalam penelitian yang diterbitkan di American Journal of Clinical Nutrition yang diikuti lebih dari 10.000 orang dewasa di China selama 5,5 tahun, menemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi MSG sebanyak 5 gram per hari, memiliki potensi naik berat badan sekitar 30% daripada mereka yang mengkonsumsi kurang dari setengah gram per hari.

Yuk, Mulai Sekarang Gunakan MSG Sesuai Batas Wajar!

Sesungguhnya menggunakan MSG dalam makanan tidak berbahaya seperti rumor yang beredar. Hal yang membuat MSG berbahaya bagi kesehatan tubuh kita adalah kebiasaan kita yang mengkonsumsi MSG secara berlebihan. Ubahlah perilakumu dalam memilih makanan, apalagi saat memilih makanan ringan yang memiliki dosis MSG yang cukup tinggi.

Untuk kamu yang bingung memilih MSG yang aman dan berkualitas, soebigroup.com bisa menjadi pilihan, perusahaan vetsin terbaik di Indonesia ini memproduksi MSG dengan standar keamanan yang tinggi, namun jangan lupa juga gunakan sesuai batas wajar ya, selamat mencoba!

Open chat