Garam merupakan mineral kristal dimana terdiri dari dua unsur yakni natrium dan klorin. Produk ini dapat digunakan dalam berbagai tujuan, salah satu yang paling sering dijumpai adalah untuk memberikan citarasa pada makanan. Karena tanpanya, masakan akan terasa hambar dan kurang sedap. Namun dari segi kesehatan, apa rekomendasi garam yang sehat untuk tubuh?

Baca Juga : 3 Perbedaan Garam Laut dan Garam Dapur

Pasalnya kini banyak beredar merk dan jenis garam di pasaran dengan beragam kelebihan mulai dari segi harga, pengemasan, hingga kandungannya. Untuk itu agar tak salah pilih, simak ulasan lengkap beserta rekomendasi merek garam terbaik yang menyehatkan tubuh di bawah ini!

Memilih Produk yang Tepat

  • Kenali Jenisnya

Terdapat banyak jenis dan merek di jual di pasaran mulai dari jenis halus (meja), kasar, laut (sea salt), Himalaya (pink salt Himalaya), kosher, hingga celtic. Pilih produk sesuai dengan kebutuhan Anda.

  • Mudah Larut Dalam Air

Salah satu ciri garam berkualitas adalah mudah larut dalam air dan tidak meninggalkan butiran kasar. Selain itu produk berkualitas tentu tidak mengandung campuran lain atau zat berbahaya bagi tubuh

Yodium Atau Non Yodium?

Apa rekomendasi garam yang sehat untuk tubuh, yodium atau non yodium? Garam yodium telah difortifikasi atau diberikan tambahan mineral yodium, dimana berfungsi dalam memproduksi hormon tiroid pada tubuh. Hormon tiroid sendiri adalah hormon yang berperan penting dalam proses metabolisme maupun organ lainnya pada tubuh.

Di pasaran, umumnya garam terbagi menjadi dua jenis yakni jenis halus (meja) dan laut biasa. Kedua jenis ini memiliki perbedaan, dimana sebagian besar jenis halus telah ditambahkan yodium.

Jika dilihat dari kandungan nutrisinya, jenis yodium lebih mendatangkan banyak manfaat bagi tubuh mulai dari mendukung pertumbuhan otak bayi dan anak-anak, menjaga fungsi tiroid agar tetap stabil, mengurangi risiko kanker tiroid, hingga mencegah penyakit tiroid seperti gondok.

Manfaatnya Bagi Kesehatan

  • Menjaga Kesehatan Pencernaan

Tahukah Anda jika senyawa ini dapat membantu kesehatan pencernaan? Tubuh tidak dapat menghasilkan asam klorida yang cukup di dalam perut. Kondisi ini pun bisa semakin memburuk jika Anda memiliki riwayat kesehatan pencernaan kurang baik, contohnya asam lambung. Karena itu dengan mengonsumsinya dalam jumlah cukup, dapat membantu mencegah naiknya asam lambung ke tenggorokan.

  • Mencegah Gondok

Bukan rahasia lagi jika senyawa kimia ini juga dapat mencegah penyakit gondok. Kandungan yodiumnya dapat membantu mengurangi risiko terserang penyakit ini.

  • Membantu Menjaga Keseimbangan Elektrolit

Tak hanya itu, manfaat penting dari si pasangan gula ini adalah dapat membantu menjaga keseimbangan elektrolit tubuh. Terlebih bagi mereka yang beraktivitas di luar rumah dan gemar berolahraga teratur, perlu mengembalikan kekurangan air serta garam yang keluar melalui keringat.

Rekomendasi Merek Terbaik yang Menyehatkan Tubuh

Garam Sarina & Pingguin beryodium merupakan produk berkualitas dari Soebi Group dimana dapat Anda jadikan pilihan ketika mencari rekomendasi merek terbaik dan menyehatkan.

Demikianlah ulasan mengenai garam yang sehat bagi tubuh. Semoga bermanfaat!

Open chat