Apakah kamu pernah merasa makanan yang kamu makan terasa hambar? Hal ini pasti sungguh menjengkelkan, apalagi kalau kamu ingin merasa puas dan menikmati makanan setelah hari panjang. 

MSG atau monosodium glutamate pasti sudah tidak terdengar asing di telingamu.. Penyedap rasa ini sudah beradaptasi dengan selera semua orang dan kerap digunakan untuk menambah rasa gurih di dalam makanan. 

Namun, apakah kamu tahu dimana MSG pertama kali ditemukan? Apakah kamu tahu Ajinomoto adalah istilah untuk MSG? 

Sejarah MSG atau Micin Berawal dari Roma Kuno Hingga Sekarang

MSG mempunyai perjalanan panjang hingga sampai diterima oleh seluruh masyarakat dunia. Berikut adalah tiga hal yang perlu kamu ingat tentang sejarah msg

Selera Manusia Mendatangkan Sejarah MSG

Selera manusia yang menyukai rasa yang gurih dan nikmat yang tak kunjung hilang sudah tertulis dalam sejarah Roma Kuno. 

Di zaman itu, makanan sering ditambahkan dengan saus ikan yang telah difermentasi. Bahan ini bertujuan untuk menambah cita rasa, dan sungguh disukai. 

Berlanjut ke awal tahun 1900, beberapa bahan yang memiliki rasa kuat mulai diperjualbelikan secara legal untuk meningkatkan cita rasa makanan. Contoh dari bahan tersebut adalah marmite

Marmite adalah bahan yang berbentuk pasta dan sangat lengket dan pekat. Biasanya ditambahkan untuk memberi rasa pada roti atau makanan lainnya. Tujuannya adalah sama, yaitu untuk menyedapkan makanan yang hambar.

Selera yang selalu mendambakan makanan yang sedap membuat bahan-bahan penyedap selalu bermunculan, hingga pada akhirnya MSG pun ditemukan.

Sejarah MSG dimulai oleh Ajinomoto

Apakah kalian mengenal kata Ajinomoto? Bagi kamu yang suka memasak atau yang adalah pecinta makanan pasti langsung mengetahui istilah apa ini. 

Ajinomoto adalah istilah yang digunakan untuk monosodium glutamate. Profesor Kikunae Ikeda adalah seorang ahli kimia yang menemukan bahwa glutamate di dalam rumput laut dapat dipecah.

Glutamate yang merupakan salah satu dari jenis asam amino ini dipisah dan dijadikan bubuk. Hasilnya adalah MSG atau micin yang dinamakan Ajinomoto dan mulai diperjualbelikan ke kalangan atas di Jepang. 

Sejarah MSG Mulai Tercoreng di tahun 1960an dan 1970an

Walaupun MSG semakin terkenal dan diterima oleh seluruh negara setelah kemunculannya, penyedap rasa ini diterpa oleh hasil penelitian yang menyatakan efek samping buruk bila dikonsumsi terus menerus.

Namun, ada beberapa penelitian lain pula yang tidak setuju dan menyatakan bahwa MSG tidak memiliki kaitan dengan masalah kesehatan. Bahkan, ahli masak memakai penyedap rasa ini untuk menyeimbangkan cita rasa dari masakan yang dibuat. 

Sudah Mengerti Tentang Sejarah MSG? 

Sejarah MSG memang cukup panjang. Namun, hal ini mendatangkan MSG ke dapur kamu. Maka dari itu marilah bergabung sebagai mitra kami soebigroup, perusahaan produsen bahan makanan MSG dan Vetsin yang tidak akan mengecewakan. Selamat mencoba!

 

Open chat