Micin ternyata tidak hanya berguna untuk menyedapkan makanan. MSG satu ini ternyata mempunyai banyak kandungan yang bermanfaat untuk tanaman. Tapi tentu saja dengan takaran micin untuk tanaman yang pas.

Manfaat Micin untuk Tanaman

Micin atau Monosodium Glutamate, adalah bahan yang sering digunakan sebagai penyedap dalam makanan. Di dalam MSG ada kandungan natrium dan kalium, yang ternyata juga bermanfaat untuk tanaman.

1. Perangsang Pertumbuhan Tanaman

Manfaat yang pertama yaitu untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman. Nitrogen dalam micin sangat baik untuk pertumbuhan pada bagian-bagian tanaman.

Seperti pada bagian daun, cabang, hingga batang. Tapi perlu diperhatikan bahwa pemberian micin untuk tanaman lebih baik dilakukan saat tanaman masih terbilang muda. Juga akan lebih baik jika memberi takaran micin untuk tanaman dalam jumlah yang tepat.

2. Perangsang Pertumbuhan Bunga Pada Tanaman

Manfaat yang kedua yaitu sebagai agen pertumbuhan bunga tanaman. Manfaat ini akan jelas terasa pada tanaman hias dan sayur.

Proses pertumbuhan bunga ini akan dirangsang oleh kandungan natrium pada micin. Sehingga bunga pada tanaman hias maupun sayuran bisa tumbuh lebih banyak dan hasil panen pun makin banyak.

3. Memberi Efek Tahan Sakit pada Tanaman

Takaran micin untuk tanaman yang tepat, ternyata juga bisa membuat tanaman jadi lebih tahan dari sakit. Hal ini terjadi karena kandungan kalium dalam micin, yang berfungsi memberi ketahanan pada tanaman. Selain itu, kalium ini juga memiliki fungsi dalam metabolisme tanaman.

Jumlah dan Takaran Micin untuk Tanaman

Untuk mendapatkan manfaat yang pas untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman, akan lebih baik jika kamu memberikan takaran yang pas. Pemberian takaran micin yang pas akan memastikan tidak terjadi efek buruk yang akan membuat tanaman layu atau bahkan mati.

Bahan yang dibutuhkan:

  •  Ember
  •  Air 1 liter
  • Micin 5 gram

Cara pembuatan:

  • Masukkan 1 liter air pada ember yang sudah disediakan.
  • Kemudian masukkan 5 gram micin.
  •  Aduk terus menerus hingga micin larut pada air tersebut.
  •  Micin siap digunakan.

Untuk menggunakan larutan air dan micin ini sangat mudah. Kamu tinggal menyiramkannya pada tanaman yang diinginkan. Tapi pastikan bahwa tanaman tersebut ada pada usia dua mingguan. Pemberian micin pada tanaman yang akan berbuah maka akan memberikan efek perubahan rasa pada buah.

Baca Juga : Ternyata Ini Bahan Dasar Pembuatan Micin

Selain penyiraman, penyemprotan larutan micin pada bagian daun tanaman akan membuat bagian daun tanaman jadi lebih hijau dan lebat. Kamu bisa mengalikan takaran micin ini jika ingin menggunakannya lebih banyak lagi.

Yuk, Gunakan Takaran Micin untuk Tanaman Secara Tepat!

Itulah tadi manfaat dan takaran micin untuk tanaman. Sekarang kamu sudah tahu kan, kegunaan micin selain menjadi penyedap makanan. Selain berguna untuk tanaman, micin juga bisa berguna untuk kamu, dengan gabung jadi mitra seobigroup.com, perusahaan produsen MSG dan Vetsin yang pasti berkualitas. 

 

Open chat