Garam dapur merupakan salah satu bahan masak wajib di rumah. Dengan menambahkan bahan tersebut, Anda bisa mendapatkan cita rasa masakan yang lebih gurih. Selain untuk kebutuhan masak, kandungan di dalam bahan tersebut juga bisa memberikan banyak manfaat lainnya, terutama terkait dengan kesehatan.

Lantas, sebenarnya bagaimanakah proses pembuatan garam dapur tersebut? Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui tentang cara pembuatannya, maka langsung saja ikuti penjelasan singkatnya di bawah ini.

Cara Pembuatan Garam Sederhana

  1. Siapkan Air Laut

Proses pembuatan garam dapur yang pertama adalah dengan mengumpulkan air laut. Dalam hal ini digunakan air laut yang bersih dan tidak tercemar. Kualitas bahan dasar ini sangat memengaruhi terhadap kualitas yang dihasilkan. Oleh karena itu, pada industri besar biasanya menggunakan bahan dari tempat yang terbebas dari pencemaran lingkungan.

  1. Filter Sedimen

Selanjutnya, akan dilakukan proses penyaringan. Hal itu karena air laut sangat berpotensi mengandung puing sintetis dan alami. Oleh karena itu, proses ini sangat penting untuk dilakukan. Cara penyaringan bisa dilakukan cukup sederhana menggunakan kain katun tipis. Serat kain katun tersebut dapat mengeluarkan partikel yang tidak diperlukan.

  1. Merebus

Setelah proses filter, berikutnya tinggal dilakukan proses perebusan. Perebusan bisa dilakukan menggunakan dua cara, yaitu, merebus di luar ataupun di dalam ruangan. Dalam proses ini, akan dilakukan juga proses pengadukan terus menerus agar kandungan di dalamnya tidak hilang terbakar.

  1. Mengeringkan

Setelah perebusan dilakukan, tahapan selanjutnya adalah mengeringkannya. Untuk melakukannya, biasanya digunakan bantuan dari sinar matahari. Cara pengeringan lainnya bisa juga menggunakan oven dengan tingkat api rendah. Proses pengeringan ini benar-benar dilakukan sampai kering.

  1. Tinggal Digunakan

Garam yang dikeringkan dengan baik sudah bisa langsung untuk digunakan. Selain itu, daya tahan dari bahan tersebut juga cukup lama sehingga Anda bisa menggunakannya dalam jangka panjang. Pada saat sudah jadi, Anda tinggal hancurkan saja bongkahan sampai ke bentuk serpihan halus sebelum menggunakannya.

Manfaat Garam Dapur

Apabila membahas tentang manfaat, tentu manfaat utamanya adalah digunakan sebagai pelezat masakan. Dengan menggunakannya, rasa makanan yang dihasilkan menjadi lebih gurih. Selain itu, terdapat juga manfaat lain yang bisa dirasakan saat menggunakan garam. Salah satunya adalah dapat membantu kesehatan pencernaan tubuh kita.

Pada saat tubuh kekurangan garam, maka dapat memberikan beberapa gangguan pencernaan. Hal itu karena kebutuhan HCL tubuh kondisinya sangat kurang. Apabila sudah punya riwayat penyakit asam lambung, maka gangguan bisa lebih parah. Dengan mencukupi kebutuhan HCL, asam lambung tidak akan naik ke tenggorokan.

Itulah tadi ulasan singkat tentang proses pembuatan garam dapur yang bisa disampaikan. Cara di atas merupakan langkah-langkah pembuatan secara tradisional. Untuk ukuran industri, tentu peralatannya lebih canggih lagi. Mengingat, pentingnya kebutuhan garam, tentu Anda harus mendapatkan yang terbaik. Soebi Grup dapat menjadi pilihan tepat untuk memenuhi kebutuhan garam keluarga Anda.

Open chat