Bagi para pelukis, tentu sudah tidak asing lagi dengan bahan canvas. Selain banyak digunakan sebagai media untuk melukis, canvas juga sering dijadikan bahan untuk membuat tas, sepatu, celana, dan lainnya. Bisa dibilang bahan canvas adalah bahan yang multifungsi karena bisa dimanfaatkan untuk berbagai bidang.

Baca Juga : Inilah Manfaat dan Jenis Kain Kanvas yang Perlu Anda Ketahui

Canvas pada dasarnya terbuat dari serat kain yang kuat dan tebal. Seiring dengan perkembangannya, bahan yang sebelumnya terbuat dari jerami akhirnya mengkombinasikan antara linen dengan bahan katun. Bahkan saat ini sudah banyak yang memadukan dengan bahan sintetis.

Jenis-jenis Bahan Canvas

Ada beberapa jenis canvas yang biasa digunakan untuk berbagai kebutuhan dengan karakteristik tertentu. Berikut beberapa di antaranya:

Blacu

Ciri khas dari blacu adalah permukaannya kasar dan keras. Bahan ini juga sering dikategorikan sebagai unfinished product karena karakteristiknya memang seperti belum di-finishing. Jika dibandingkan dengan bahan lainnya, blacu termasuk yang paling murah.

Baby Canvas

Dibandingkan dengan jenis blacu, baby canvas cenderung lebih halus. Bahan ini juga lebih jatuh dan lentur. Sangat cocok untuk dimanfaatkan sebagai bahan membuat tas backpack, topi, jaket, celana, dan lainnya.

Sueding

Karakteristik utama dari canvas sueding adalah sedikit lebih tebal dengan tekstur yang terlihat seperti titik atau dot. Bahan ini tetap lembut ketika dikenakan sehingga banyak dimanfaatkan sebagai bahan jaket karena durabilitasnya bagus.

Marsoto

Tekstur canvas marsoto cenderung lebih kasar jika dibandingkan dengan jenis baby dan sueding. Seratnya lebih rapat sehingga lebih awet karena tidak mudah sobek dan lebih tebal. Selain itu, terdapat lebih banyak pilihan warna yang menarik untuk dipilih.

Polyester

Bahan polyester termasuk ke dalam kategori sintetis. Canvas polyester merupakan hasil perpaduan antara bahan natural dengan sintetis. Teksturnya kasar sehingga kurang cocok untuk dijadikan bahan membuat baju. Jenis canvas ini lebih sering dipakai untuk bahan tas atau topi.

Bahan canvas adalah salah satu rekomendasi media lukis yang banyak digunakan. Dari berbagai jenis di atas, Anda bisa memilih sesuai kebutuhan.

Open chat