Media yang digunakan untuk melukis tidak hanya terbuat dari kertas saja, namun juga bisa memanfaatkan kain. Memilih media untuk melukis tentu tidak bisa sembarangan karena akan berpengaruh pada kualitas lukisan yang dibuat. Sebelum berkembang seperti era saat ini, jenis kain untuk melukis dulunya terbuat dari rami.

Namun, seiring perkembangannya, kain yang digunakan untuk melukis kini semakin beragam baik yang terbuat dari bahan alami maupun sintetis. Tak heran jika terkadang pelukis terutama pemula bingung dalam memilih jenis kain mana yang paling cocok untuk dijadikan media lukis.

Jenis Kain Lukis

Kain untuk melukis dikenal juga dengan nama kanvas. Tekstur dan bahan kanvas yang digunakan untuk melukis mulai banyak dikembangkan hingga memiliki banyak jenis. Berikut ini beberapa  jenis kain lukis kanvas yang bisa Anda pilih, di antaranya:

Katun

Kain kanvas yang terbuat dari katun merupakan salah satu pilihan yang terbaik. Hal ini dikarenakan bahan katun memiliki tekstur lembut dan fleksibel. Sehingga Anda dapat merenggangkan kain secara maksimal agar permukaannya tertarik. Saat media lukis semakin kencang, maka melukis di atas kanvas pun menjadi semakin mudah.

Selain itu, keunggulan lainnya dari bahan katun ini adalah memiliki kemampuan menyerap cat dengan baik. Meskipun bagus dalam menyerap warna cat yang digoreskan, namun hal tersebut justru dapat membuat lukisan menjadi retak atau terkikis. Kanvas katun lebih direkomendasikan untuk jenis lukisan sederhana yang tidak menggunakan banyak cat.

Linen

Bahan kain lainnya yang tidak kalah diminati oleh para seniman lukis adalah linen. Karakteristik linen sebenarnya cenderung kurang elastis, namun hasil lukisannya lebih awet dan kuat. Bahan ini juga lebih mampu mempertahankan minyak alami pada cat sehingga lukisan tidak akan mudah pecah atau retak.

Kanvas dengan bahan linen lebih banyak digunakan untuk lukisan dengan ukuran besar dengan detail yang kompleks dan membutuhkan banyak cat.

Dari kedua jenis kain untuk melukis di atas, Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. Perlu diingat bahwa kualitas kain akan mempengaruhi hasil lukisan. Memilih tempat yang menjual kanvas berkualitas juga tak kalah penting. Salah satu rekomendasinya adalah di Soebi di mana pembeli juga bisa mendapatkan produk garam terbaik di sini.

Open chat