Dari sekian banyak jenis bahan, bisa dibilang kanvas merupakan satu yang paling baik untuk melukis. Pasalnya, bahan satu ini mempunyai tekstur berpori sehingga sangat cocok dipakai ketika menggunakan cat minyak. Harga kanvas pun cukup bervariasi, tergantung dari kualitas, ketebalan, atau mereknya. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak pembahasan berikut ini.

Manfaat Menggunakan Kanvas

Jika berbicara tentang manfaat, tentu saja ada banyak sekali hal yang bisa dirasakan. Pertama, lukisan akan terlihat lebih indah. Hal tersebut dikarenakan cat akan merasuk secara sempurna ke dalam media. Beda cerita apabila menggunakan media lain, seperti kertas misalnya. Tidak akan ada kasus cat menetes ke bagian gambar lainnya sehingga hasilnya pun menjadi lebih menarik.

Baca Juga : Wajib Tahu! Inilah Kelebihan Canvas Sebagai Bahan Media Lukis

Selanjutnya, usia yang awet bisa menjadi alasan tersendiri kenapa bahan ini sangat direkomendasikan untuk lukisan. Canvas memiliki kelebihan cenderung awet, baik awet dari goresan-goresan maupun awet secara usia. Apalagi jika lukisan langsung dibungkus dalam sebuah bingkai. Jangan heran jika usianya bisa mencapai puluhan tahun dan kondisinya tetap bagus.

Jenis-Jenis Kanvas

Cotton natural 10 Oz

Jenis ini mempunyai lebar sekitar 160 cm. Karena telah ditenun menggunakan pola anyaman rapat, tidak kaku, dan tebal, orang tidak hanya memanfaatkannya sebagai media lukis saja. Beberapa industri telah mencoba membuatnya menjadi souvenir, sepatu, pouch, hingga totebag.

Cotton marsoto 10 Oz

Ditenun menggunakan anyaman plain 2-2, jenis ini memiliki karakter tidak kaku, kuat, dan tidak mudah sobek. Ukurannya masih sama seperti sebelumnya, yakni di kisaran 160 cm dan ketebalan 10 Oz. Karena karakternya cenderung mirip, pemanfaatannya juga serupa, yakni sebagai totebag, media lukis, sepatu, ataupun kerajinan lainnya.

Cotton twill 9 Oz

Terakhir adalah cotton twill 9 Oz. Sesuai namanya, teknik anyaman yang digunakan dalam proses pembuatannya adalah twill 2/1 dan mempunyai karakter kuat, rapat, tidak kaku, dan tebal.

Setelah mengetahui manfaat dan jenis-jenisnya, mungkin Anda ingin tahu tentang harga kanvas di pasaran. Sebenarnya harganya cukup bervariasi tergantung kualitas. Namun, jika sudah cukup paham dan ingin membeli, Anda bisa memesan di Soebi Group. Selain Canvas, Soebi juga menyediakan garam laut untuk berbagai keperluan. Tentu saja kualitasnya tidak perlu diragukan mengingat produknya asli dari Australia serta Indonesia.

Open chat