Penyebab AC mobil tidak dingin biasanya disebabkan karena mesinnya. Tapi untuk penjelasan yang lebih spesifik, Anda dapat menyimak artikel berikut. Kami akan memaparkan beberapa penyebab kenapa AC tidak dingin dan hanya keluar angin.

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Penyebab 1: Kondensor Kotor 

Kondensor adalah bagian pada AC yang memiliki fungsi membuang suhu panas yang dilepas kompresor. Jika kondensor mengalami gangguan, kerja AC pun tidak maksimal. Salah satu penyebabnya biasanya dikarenakan kondensor kotor.

Coba Anda periksa kondensor lalu bersihkan bagian tersebut. Barangkali setelah itu AC kembali normal. Usahakan pula rutin dibersihkan, mengingat udara yang diserap itu udara jalanan. Sudah pasti akan kotor karena mengandung banyak polusi.

Penyebab 2: Freon Sudah Habis

Freon adalah senyawa kimia atau gas yang yang digunakan untuk menyerap beban pendingin ruangan yang ingin dikondisikan suhu udaranya. Dia tidak memiliki warna dan tidak berbau, namun dia ada dan sangat dibutuhkan sebuah AC. Apabila freon habis, menjadi penyebab terbesar kenapa AC tidak dingin lagi. Untuk mengatasi masalah ini, silakan isi freon AC mobil dengan membawanya ke bengkel.

Penyebab 3: Extra Fan Mati

Jika extra fan mati, akan memberikan pengaruh pada proses kondensasi. Kondensasi adalah proses penurunan suhu di dalam kondensor. Jika extra fan mati, kabin di dalam mobil akan menjadi panas lalu ikut berimbas pada AC.

Extra fan berbentuk seperti kipas, dia berfungsi menurunkan suhu air radiator dengan embusan angin. Extra fan tidak menyala sepanjang hari, hanya menyala pada kondisi tertentu, misalnya saat temperatur sedang naik.

Penyebab 4: Kompresor Rusak

Penyebab AC mobil tidak dingin berikutnya disebabkan kompresor rusak. Biasanya disebabkan karena kompresor sudah aus. Tanda kompresor AC mobil rusak adalah sight glass berwarna hitam yang artinya receiver dryer atau expansion valve tersumbat oleh kotoran.

Ciri lainnya Anda dapat mendengar bunyi keras ketika dinyalakan seperti orang mengorok. Untuk mengatasi masalah ini Anda dapat mengganti kompresor tersebut dengan yang baru.

Penyebab 5: AC Mobil Kelebihan Tekanan

Berhati-hatilah saat mengisi oli kompresor, kalau kelebihan dapat membuat freon AC meningkat tekanannya. Kalau kelebihan tekanan, itu akan membuat kompresor menjadi panas. Lalu proses kondensasi berubah lambat.

Yang pada intinya, kalau proses kondensasi terjadi masalah, maka AC mobil akan ikut kena masalah, seperti AC yang tidak dingin lagi hanya keluar angin.

Penyebab 6: Ada Penyumbatan di Evaporator

Singkatnya evaporator adalah alat yang mengubah larutan menjadi uap. Letaknya ada di antara katup ekspansi dan kompresor. Dia menjadi salah satu bagian penting dalam AC mobil.

Biasanya masalah yang terjadi kalau evaporator rusak adalah penyumbatan kotoran. Jika evaporator tersumbat, aliran udara dari blower akan terhambat. Cara mengatasi masalah ini, dengan rutin membersihkan evaporator tersebut.

Itulah beberapa penyebab kenapa AC mobil tidak dingin serta sedikit penjelasan tentang cara mengatasi masalah tersebut. Kunjungi bengkel mobil gemini untuk solusi segala kerusakan mobil anda.

Open chat