Apakah anda pernah menemukan kaca jendela dengan motif saat di gereja ataupun di masjid? Jika ya itu dikenal juga dengan sebutan kaca patri atau stained glass. Apa itu stained glass? Ini adalah salah satu karya seni dimana sudah tidak bisa dipisahkan lagi dengan desain arsitektur.

Jenis elemen dekoratif hias ini sendiri tersusun dari potongan kaca berwarna-warni buat membentuk suatu motif tertentu serta pola gambar yang unik. Disamping itu, masing-masing potongan kaca tersebut dibingkai dengan rangka logam, kuningan ataupun bahkan tembaga. Setelah semuanya tersusun dengan rapi maka akan langsung dipatri sehingga tidak mudah lepas atau goyang.

Apa itu Stained Glass?

Penggunaan material ini sebenarnya sudah ada sejak jaman dulu terutama berasal dari daratan Eropa. Pada awalnya memang kehadirannya digunakan buat di gereja-gereja. Tetapi sekarang juga sudah digunakan buat rumah ibadah umat muslim ataupun diterapkan di rumah-rumah.

Baca Juga : Kaca Patri Adalah? Berikut Awal Mula Perjalanannya

Karena desainnya cukup unik dengan banyak motif, tidak sedikit pula orang membangun rumah dengan sengaja menonjolkan kehadiran kaca patri tersebut. Saat ini, pengrajin kaca ini memang sudah bisa anda temukan dengan mudah terutama di kota-kota besar.

Namun perlu diingat bahwa tidak semua pengrajin dapat dipercaya begitu saja bukan? tapi soebigroup.com adalah pengrajin terbaik untuk produk ini dan professional dimana sudah membuat berbagai macam produk sesuai dengan kebutuhan para konsumen.

Fungsi dari Kaca Patri

Adapun fungsi dari kaca ini sebenarnya sangat banyak tetapi yang paling utama adalah digunakan buat mempercantik ruangan ataupun bangunan tertentu. Pada awal masuknya ke Indonesia, stained glass sendiri hanya digunakan para raja, kaum bangsawan maupun dari pemerintah Belanda.

Tampilannya yang megah memang membuat harganya sangat mahal sehingga tidak siapapun bisa membelinya. Bahkan tidak jarang mampu menunjukkan bagaimanakah status sosial sekaligus finansial dari para pemiliknya tersebut.

Tetapi seiring dengan berkembangnya zaman, keberadaannya pun telah bisa digunakan secara umum. Bahkan kerajinan tersebut juga banyak diterapkan sebagai kaligrafi, kaca masjid, ataupun hanya sekedar hiasan saja.

Sudah tahu apa itu stained glass? Elemen ini mempunyai segudang manfaat untuk sebuah bangunan termasuk buat mempercantik desain arsitekturnya terutama memberikan kesan kemegahan. Dapatkan segera produk ini hanya di Soebie.

Open chat