Apakah anda pernah menemukan adanya desain kaca yang cukup unik seperti berbentuk mozaik? Jika demikian itu dikenal dengan sebutan stained glass. Kaca Patri adalah bahan dimana sering ditemukan pada Gedung-gedung tua.

Adapun material tersebut ternyata terbuat dari kaca-kaca yang direkatkan dengan bahan lainnya sehingga mampu menghadirkan kesan mozaik cukup bagus. Pada sebuah bangunan tua, kehadiran dari material inilah tidak bisa dilepaskan. Biasanya diterapkan pada jendela kecil diatas jendela ataupun sudut bangunan lainnya.

Perjalanan dari Stained Glass

Sampai disini, anda pastinya sudah pernah melihat jenis dari elemen dekoratif tersebut bukan? Lantas bagaimanakah awal mula kehadirannya tersebut? Perlu diketahui bahwa kehadiran dari material tersebut adalah hasil kegiatan pelengkap dari bangsa Eropa. Seni ini sudah dikenal sejak abad ketiga Masehi lalu.

Namun penggunaannya secara besar-besaran pada jendela terutama untuk gereja baru digunakan pada abad ke-12 lalu. Tepatnya pada masa Gotik tengah mengalami kejayaan. Adapun pemasangan tersebut bukan tanpa alasan yakni agar matahari terbit dari timur, sinarnya dapat menembus melalui kaca sehingga mampu memberikan efek bias cukup unik.

Pada zaman tersebut, hampir semua bangunan dengan ukuran besar dan megah telah memanfaatkan kaca tersebut sebagai pusat utama alias hiasan. Bahkan jendela rumah di beberapa negara seperti Perancis dan Inggris telah menggunakan bahan tersebut.

Sejak abad itulah, kehadiran material inipun semakin popular dan banyak diminati oleh masyarakat. Bahkan telah menjadi bagian dari kerajinan sekaligus arsitektur sebuah bangunan. Adapun jendela dengan material tersebut biasanya mampu menghadirkan warna-warna indah seperti hijau zamrud, biru, merah hingga kuning.

Di Indonesia, material kaca untuk pembuatan karya seni tersebut sebenarnya masih berasal dari luar negeri kebanyakan. Tetapi tetap anda bisa menemukan adanya pabrik pembuatannya dengan kualitas yang tidak kalah. Sayangnya, kaca dari Indonesia mempunyai sejumlah kelemahan yakni sulit diproses ataupun dipotong.

Keberadaan material ini memang sudah tidak bisa dipisahkan dengan arsitektur sebuah bangunan megah karena fungsi utamanya adalah sebagai hiasan interior yang menakjubkan. Kaca patri adalah material yang dapat mempercantik ruangan. Jangan lupa jika ingin mendapatkan produk kaca patri terbaik, maka bisa langsung kunjungi Soebigroup.com.

Open chat