Kreativitas yang tiada batas membuat orang selalu bisa menciptakan karya seni menawan, salah satunya adalah kaca patri atau stained glass. Cara membuat kerajinan kaca patri ini pun membutuhkan keterampilan khusus. Jika tidak memiliki kemampuan tersebut, maka hasilnya tidak akan maksimal. Jika merasa penasaran, pada kali ini akan dibahas mengenai bagaimana cara pembuatan kerajinan tersebut.

Karakteristik Stained Glass

Stained glass mempunyai karakter banyak warna, kemudian disusun dalam sebuah pola. Selanjutnya, kaca yang disusun tersebut disatukan menggunakan kuningan sebagai perekat. Biasanya sebelum dibuat, pengrajin akan mempersiapkan pola terlebih dahulu, baik berupa motif tertentu atau pun gambar. Agar bisa tetap terlihat indah, pembersihan secara rutin harus selalu dilakukan.

Fungsi Stained Glass

Lalu, sebenarnya apa fungsi dari kerajinan ini? Seperti halnya karya seni lainnya, fungsi utamanya adalah sebagai hiasan. Meskipun dapat diterapkan di berbagai macam bangunan, biasanya stained glass digunakan pada tempat-tempat ibadah seperti masjid ataupun gereja. Dengan adanya kaca patri, maka interior akan menjadi lebih indah, apalagi jika bahan digunakan berkualitas tinggi.

Cara Membuat Stained Glass

Satu hal yang mungkin cukup membuat penasaran adalah bagaimana cara pembuatan karya seni tersebut? Secara umum, pengrajin mula-mula akan mempersiapkan desain terlebih dahulu sesuai permintaan. Kemudian, semua bahan dikumpulkan seperti timah, kaca, pewarna, dan sebagainya. Bahan ini akan ditempa terlebih dahulu menggunakan bantuan bahan kimia.

Baca Juga :Cara Memilih Kerajinan Kaca Patri Yang Terbaik

Kaca kemudian dipanaskan guna bisa membentuk ikatan warna. Dengan demikian, warna yang dihasilkan akan melekat dan menyatu. Setiap jenis warna mempunyai bahan berbeda-beda. Sebagai contoh, untuk menghasilkan warna hijau dibutuhkan bahan copper oxide. Lalu, jika ingin membuat warna biru, maka menggunakan bahan kobalt. Begitu juga warna lainnya.

Setelah pewarnaan selesai, berikutnya kaca akan dipatahkan menggunakan alat khusus. Kemudian, patahan ini disusun sesuai motif yang telah dibuat pada langkah pertama dan jadilah stained glass sebagai hiasan gedung.

Jadi, itu tadi cara membuat kerajinan kaca patri. Sebagai catatan, apabila Anda ingin memesan kerajinan tersebut, sebaiknya pilih perusahaan terpercaya seperti Soebi Group yang sudah terbukti kualitasnya. Memiliki berbagai klien dari luar negeri sepertinya sudah menjadi bukti kuat mengenai kualitas perusahaan tersebut.

Open chat