Kaca patri (stained glass) merupakan salah satu kesenian yang kerap diaplikasikan pada berbagai tempat ibadah seperti gereja, masjid, dan sebagainya. Terlepas dari betapa indahnya ornamen di dalamnya, tahukah Anda bagaimana cara membuat kaca patri? Karena merupakan bentuk seni, tentu saja semua orang bisa membuatnya. Berikut adalah garis besar pembuatannya.

Proses Pembuatan Stained Glass

Seperti pembuatan kerajinan serupa, untuk membuat stained glass dimulai dari pemilihan motif ataupun desain. Biasanya ini bisa sesuai pelanggan ataupun menggunakan model yang ada sebelumnya. Ada banyak sekali referensi dapat di ambil dari berbagai sumber, baik offline melalui kunjungan ke pengrajin ataupun online melalui situs pencarian.

Baca Juga : Cara Memilih Kerajinan Kaca Patri Yang Terbaik

Setelah mendapatkan desain yang diinginkan, maka pengrajin selanjutnya membuat sketsa berskala satu banding satu. Kemudian, pengrajin menyiapkan berbagai macam bahan pembuatan seperti kaca, kuningan, batangan timah, dan bahan pelengkap lain seperti pewarna. Apabila semua bahan sudah siap, maka pembuatan bisa segera dilakukan.

Bahan kaca dipotong menurut sketsa yang telah dibuat sebelumnya. Untuk memotong, biasanya terdapat berbagai jenis alat tergantung dari kebutuhannya, apakah memotong secara detail atau luas. Jika ingin memotong secara detail, pengrajin akan menggunakan alat seperti pena. Setelah dibuat garis menggunakan pemotong, kaca tersebut ditekan agar patah sesuai pola.

Perlu diketahui bahwa proses menekan itu tidak bisa dilakukan sembarangan dan membutuhkan beberapa kali latihan. Pemula biasanya akan kesulitan dalam tahap ini karena hasilnya tidak akan terpotong sesuai pola.

Ketika semua potongan sudah siap, maka langkah berikutnya adalah mulai merangkai semua bahan tersebut sesuai pola. Agar lebih kuat, biasanya pengrajin juga menggunakan batangan timah. Terakhir, semua itu tinggal dimasukkan dalam sebuah frame. Setelah tahap ini, bisa dibilang proses pembuatan telah selesai dan tinggal melakukan finishing.

Itulah tadi proses bagaimana cara membuat kaca patri. Tentu saja membuatnya dibutuhkan keterampilan khusus dan alat memadai. Oleh karena itu, bagi konsumen memang lebih disarankan membeli di pengrajin terpercaya, salah satunya adalah Soebi Group. Informasi lengkapnya bisa dilihat pada website https://soebigroup.com/stained-glass-kaca-patri/.

Open chat