Berapa tekanan angin ban mobil yang ideal? Tekanan angin ban cadangan hingga bagaimana menentukan ban yang tepat? Semua poin penting ini akan dibahas pada artikel berikut.

Serta ketahui pula beberapa kode penting pada ban, yang mungkin bagi para pemula tidak memiliki arti padahal itu ada artinya.

Tekanan Angin Ban yang Ideal Untuk Mobil

Hati-hati saat mengisi angin ban mobil, kalau berlebihan bisa mengakibatkan mobil lebih mudah slip atau tergelincir, mobil kurang stabil, suspensi menjadi keras, ban berpotensi meledak dan berisiko hilang kendali jika mobil melaju dengan cepat.

Baca Juga : Cara Membersihkan Dashboard Mobil yang Kusam

Sementara bahaya ban mobil yang kekurangan angin bisa membuat bensin menjadi boros, pengereman kurang optimal apalagi saat jalanan basah, kendaraan tidak seimbang dan konstruksi ban bisa lebih cepat rusak.

Lalu pertanyaannya, tekanan ban ideal seperti apa supaya ban-ban mobil kita terjauh dari bahaya-bahaya tersebut? Berikut adalah tekanan ban ideal untuk beberapa tipe mobil:

  • Mobil MPV : (33-36) Psi;
  • Mobil City Car : (30 – 36) Psi;
  • Mobil Sedan : (30 – 33) Psi;
  • Mobil SUV : (35 – 40) Psi.

Tekanan ban ideal tersebut juga bisa diikuti semua merk mobil. Yang penting model mobil Anda sesuai dengan model di atas.

Cara Menentukan Tekanan Ban Mobil Cadangan

Untuk masalah ban cadangan, bagaimana cara menentukan tekanan ban-nya? Mudah saja, yaitu dengan mengikuti tekanan ban ideal seperti yang sudah disebutkan di atas.

Namun karena ban serep dipakai suatu hari nanti, tidak pasti dipakai pada hari yang sama, maka direkomendasikan membuat tekanan ban cadangan lebih tinggi. Menaikkan tekanan angin 2 psi untuk menghindari tekanan atau penguapan ban selama ban tidak digunakan. Tips ini dibagikan oleh Roni Agung, Workshop Head Body & Paint Astra International Peugeot yang saya kutip dari Liputan 6.

Cara Membeli Ban Mobil yang Tepat dan Kode-Kodenya

Bagian ini akan membahas arti kode-kode pada ban. Gunanya untuk lebih memahami ban yang saat itu Anda beli.

  1. Makna Tiga Angka Depan Pada Ban

Coba perhatikan lebih dekat, setiap ban punya kode ini, contoh: 205/65R15 95H. Apa artinya? Perhatikan 3 angka bagian depan, yaitu “205”, itu adalah angka yang menjadi kode tingkat ketebalan sebuah ban dalam ukuran milimeter saat dipasang ke pelek.

  1. Makna Dua Angka Setelah Garis Miring

Contoh: 205/65R15 95H, yang amna dua angka setelah garis miring? Yaitu angka 65. Dia adalah kode untuk mengetahui rasio ban. Kode rasio artinya presentase tinggi ban terhadap ketebalannya.

  1. Makna Huruf di Tengah

Masih membahas kode tadi, lanjut ke huruf yang ada di tengah, yaitu huruf R (masih memakai contoh kode di atas: 205/65R15 95H). Kepanjangan adalah radial, ia menjadi kode konstruksi ban.

  1. Makna Kode Selanjutnya

Kode yang tersisa dari 205/65R15 95H adalah 15 95H. Kode tersebut punya arti begini: 15 adalah lebar diameter, 95 adalah beban tumpuan, dan huruf H adalah kode batas maksimal kecepatan.

Itulah beberapa pembahasan soal tekanan ban mobil dan hal-hal yang menyertainya.

 

Open chat