Dashboard mobil adalah bagian dalam mobil yang terdapat pada bagian depan Anda, depan kemudi, atau di depan kursi penumpang bagian depan. Fungsi dashboard sebagai tempat berbagai panel mobil tersimpan.

Karena letaknya di depan, orang-orang akan selalu memandang ke sana. Malu rasanya kalau bagian itu kusam.  Untuk itu, kita butuh membersihkan dashboard mobil secara rutin agar tidak kusam. Tapi masalahnya bagaimana jika bagian itu tetap tampak kusam? Bagaimana cara mengatasi masalah tersebut?

Cara Membersihkan Dashboard Mobil yang Kusam

Berikut adalah beberapa rekomendasi alat/barang untuk membersihkan dashboard mobil agar mobil menjadi lebih mengkilap, tidak kusam.

  1. Interior Cleaner

Barang ini harus Anda miliki guna menjaga keindahan mobil. Cara penggunaannya cukup dengan menyemprotkan cairannya ke bagian yang ingin dibersihkan, lalu tunggu sekitar 15 menit, barulah Anda lap menggunakan kain microfiber atau kanebo.

Baca Juga : 6 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin dan Hanya Mengeluarkan Angin

Ada banyak macam interior cleaner, seperti interior cleaner dari merk KIT Multi Purpose Cleaner, Masterpiece All Purpose Cleaner, Primo Snowy Cleaner, PG Permaglass Fabric Cleaner dan lain-lain. Harganya berkisar dari 24 ribu hingga 200 ribuan.

  1. Tisu Bayi

Bahan atau alat untuk membersihkan dashboard mobil yang cukup membantu menghilangkan kusam pada mobil berikutnya adalah tisu bayi. Beli lah satu kemasan, kemudian usapkan ke bagian dashboard.

Tisu bayi memiliki kelembaban yang cukup ampuh mengangkat kotoran. Hasilnya lebih efektif daripada memakai lap kering. Tisu yang berwarna putih juga bisa menampakkan seberapa tebal kotoran yang menempel pada dashboard. Pasti, sangat dipastikan kotorannya dapat diangkat.

  1. Baking Soda

Caranya dengan menuangkan seperempat baking soda botol berukuran besar, kemudian tambahkan cairan cuci piring sebanyak seperempat cangkir. Kocok botol tersebut agar cairannya bercampur. Saya merekomendasikan menggunakan air hangat saat pembuatan cairan ini agar lebih mudah tercampur dan mengangkat kotoran lebih baik.

Cairan yang sudah jadi tersebut tinggal disemprot ke dashboard lalu dilap memakai kain yang lembut.

  1. Pasta Gigi

Dipercaya bisa membuat dashboard mobil menjadi kinclong. Entah dapat inspirasi dari mana membersihkan dashboard mobil dengan pasta gigi, padahal bagian pemutih pasta gigi dapat menghancurkan lapisan dashboard mobil. Cara ini sebaiknya Anda pikir-pikir lagi, atau lakukan saat Anda benar-benar butuh. Misalnya tiba-tiba dunia kehilangan interior cleaner atau kehilangan air. Cuma ada pasta gigi. Jadi mari gunakan bahan ini.

Cara penggunaannya cukup mengoleskan pasta gigi ke dashboard mobil, usap-usap sampai menutupi permukaan, gosok lalu usap dengan kain lap.

  1. Wax Mobil Hitam

Cara ini hanya bisa dipraktekkan oleh pengguna yang mobilnya berwarna hitam. Cara kerjanya seperti semir sepatu. Sediakan busa atau kain lap lalu kucurkan cairan hitam ke lap atau busa kemudian usapkan ke dashboard. Dengan begitu ajaib mobil yang kusam menjadi mengkilap lagi.

Semir mobil secara merata, jangan ada yang terlewat, dan mobil Anda akan tampil seperti baru. Dari lima cara di atas mengenai cara membersihkan dashboard mobil yang kusam, saya sangat merekomendasikan memakai wax mobil dan interior cleaner.

Open chat