Garam lebih banyak dikenal sebagai penambah rasa pada masakan, sehingga makanan yang tidak dibumbui si teman gula ini cenderung terasa hambar dan kurang gurih. Namun selain sebagai sentuhan citarasa, mineral kristal ini juga menyimpan segudang manfaat bagi tubuh. Tak terkecuali manfaat garam kasar untuk manusia yang jarang diketahui.

Seperti namanya, garam kasar atau coarse salt memiliki butiran yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan jenis lainnya. Rasa asinnya pun cenderung lebih kuat, serta tidak mudah larut dalam air. Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari coarse salt!

5 Manfaat Garam Kasar untuk Manusia

Membuat Tubuh Nyaman dan Rileks

Kegunaan yang pertama adalah dapat membuat tubuh nyaman dan rileks, karena bisa meregangkan otot-otot kaku. Caranya pun cukup mudah, cukup campurkan garam kasar pada bak mandi atau ember untuk merendam tubuh. Nantinya Anda akan merasakan tubuh yang semula tegang menjadi lemas.

Mengawetkan Ikan

Bagi para produsen ikan terlebih jenis ikan asin, coarse salt dapat dimanfaatkan sebagai pengawet alami. Hal ini bisa terjadi karena kandungannya yang dapat membuat makanan menjadi lebih awet.

Baca Juga : Apa saja fungsi garam? Yuk Simak Artikelnya

Coarse salt akan bekerja mengeluarkan kandungan air dari suatu produk makanan. Ketika kandungan air dalam makanan berkurang, maka perkembangan bakteri dapat dihentikan. Sehingga hasilnya makanan pun akan lebih awet dan tahan lama.

Produksi Telur Asin

Selain dapat digunakan untuk mengawetkan ikan, manfaat garam kasar untuk manusia juga bisa dirasakan dalam pembuatan telur asin. Dalam proses pembuatan telur asin, garam jenis ini akan berperan sebagai pencipta rasa asin serta sebagai pengawet alami.

Pasalnya coarse salt akan bekerja menghambat kerja enzim proteolitik, mengurangi larutan oksigen yang diperlukan bakteri, hingga dapat menyerap air dari telur. Sama halnya pada pengawetan ikan asin, kadar air yang berkurang pada telur juga dapat menyebabkan produk lebih awet.

Topping Pada Makanan

Siapa sangka coarse salt juga bisa digunakan sebagai topping pada makanan. Garam kasar yang dipecah dan butirannya berubah lebih halus dapat ditaburkan sebagai topping di akhir olahan, atau dapat ditambahkan sebagai garnish makanan.

Campuran Pakan Ternak

Anda memiliki ternak sapi di rumah? Jika iya, tak ada salahnya untuk menyediakan coarse salt sebagai sumber mineral esensial khlor dan natrium yang tidak disimpan dalam tubuh hewan.

Selain itu terdapat beberapa manfaat lain dari produk ini yang bisa dirasakan para peternak mulai dari meningkatkan berat badan ternak, efisiensi pakan, meningkatkan nafsu makan ternak, hingga meningkatkan karkas rendah lemak.

Apa Perbedaan Coarse Salt dan Kosher Salt?

Meskipun sama-sama memiliki tekstur kasar, namun kedua jenis garam ini memiliki perbedaan. Kosher salt umumnya digunakan untuk mengolah daging mulai dari proses merendam hingga menggarami.

Itulah manfaat garam kasar untuk manusia. Anda sedang mencari garam industri dengan banyak pilihan jenis? Sarina & Pingguin dari Soebi dapat menjadi pilihan tepat. Hadir dalam kemasan 25 kg atau 50 kg, food grade atau non food grade, dan yodium atau non yodium, dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Open chat