Tak sedikit kecelakaan diakibatkan oleh rem mobil blong. Untuk mengantisipasi masalah ini, jalan raya besar menyediakan tempat untuk menabrakkan diri ke area kosong agar tidak melukai pengendara mobil yang lain. Namun mengatasi masalah rem blong tidak cukup dengan itu, Anda bisa mulai mengantisipasi masalah rem blong dengan mengikuti tips berikut. Semoga saat Anda membaca artikel ini, Anda tidak dalam keadaan rem mobil blong.

Cara Mengatasi Rem Blong di Jalan Raya

Usahakan jangan panik, dan ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah Pertama, lihat sekeliling Anda, gunakan kaca spion samping dan tengah. Apakah pada kondisi itu memungkinan untuk menepi atau menunggu hingga mobil di sekitar aman?

Langkah Kedua, nyalakan lampu hazard sebagai tanda mobil sedang mengalami masalah. Lebih bagus lagi Anda membunyikan klakson, gunanya menarik perhatian pengendara sekitar. Para pengendara lain akan menganggap Anda menyebalkan tapi sekaligus sadar bahwa ada yang tidak beres dengan Anda sehingga mereka menjauh dari mobil.

Langkah Ketiga, lakukan engine break. Caranya dengan menurunkan tingkat gigi ke level yang lebih rendah secara bertahap. Hindari melakukan perpindahan gigi yang terlalu tiba-tiba. Misalnya dari gigi 5 langsung ke gigi 3, itu tidak baik karena menyebabkan roda mengunci.

Selain itu pada mobil yang bertransmisi matik, Anda dapat memindahkan tuas transmisi ke huruf 2 atau 1/ Low.

Langkah Keempat, seharusnya setelah melakukan langkah ketiga laju akan berkurang secara drastis. Tapi jika tidak cukup berkurang, Anda dapat memakai bantuan rem tangan. Cara menggunakan rem tangan, dengan menarik rem tangan secara lembut dan bertahap. Lakukan itu sambil menekan tombol pelepas guna mencegah roda mengunci. Tarik rem tangan sampai mobil terasa berkurang kecepatannya.

Tips Lain Mengatasi Rem Mobil Blong

Tips mengatasi rem blong ini berkaitan dengan penyebab rem kenapa bisa blong. Sekurang-kurangnya ada dua penyebab, yaitu karena rem kekurangan minyak rem dan ada sesuatu yang mengganjal pedal rem.

Jika masalahnya karena minyak rem habis, itu ditandai dengan rem terasa ringan, halus dan rem bisa diinjak dengan mudah sampai menyentuh lantai mobil. Cara mengatasinya dengan menginjak terus pedal rem tersebut. Gunanya untuk memompa rem dan mengembalikan tekanan rem.

Baca Juga : Hal-Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Tekanan Angin Ban Mobil

Tetap pompa terus rem Anda, injak terus pedal remnya walaupun kendaraan sudah dilengkapi teknologi anti-lock breaking system (ABS). Tapi kalau penyebabnya karena pedal rem terasa keras, bisa jadi ada sesuatu yang mengganjal. Jika Anda bersama penumpang lain, minta dia memeriksa adakah benda yang mengganjal pedal rem. Setelah ketemu penyebabnya, minta orang tersebut menyingkatnya.\

Untuk mengantisipasi rem blong yang datang tidak tahu kapan itu, Anda harus tahu apa penyebab rem bisa blong. Kebanyakan disebabkan karena minyak rem, piston atau kanvas rem yang rusak karena suatu faktor, faktor usia misalnya. Untuk mencegah masalah ini, lakukan pengecekan secara berkala setiap kali kendaraan menempuh jarak lebih dari 10.000 km.

 

Open chat